iklan

Kreasi Mendunia "Quilling Newspaper "


"Quilling Newspaper" Daur Ulang Koran sebagai Hiasan Dinding
(Kegiatan ini dilaksanakan oleh siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Parakan)

Kemajuan dunia digitalisasi menurut sumber belum  bisa menurunkan penggunaan kertas dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia pendidikan. Konsumsi kertas di Indonesia per kapita sebesar 27 kg/orang/tahun atau 11 rim/11 batang pohon dengan jumlah sampah kertas di Indonesia per hari mencapai 17.000 ton. Konsumsi kertas yang sangat tinggi ini, harus diimbangi dengan kegiatan daur ulang. Daur ulang kertas dapat mengurangi gas rumah kaca. Jika kertas dibuang tanpa di daur ulang, kertas akan terurai secara anaerob  dan menghasilkan gas metana. Gas metana adalah gas yang mengakibatkan pemanasan global.   Jika dibandingkan dengan gas karbondioksida, gas metana 20 kali lipat lebih signifikan dalam meningkatkan suhu bumi ( Dian Ulfa Puspita dari Kawan GNFI, 2017 ). Kertas merupakan bahan organik terbanyak yang ada di sekolah, setiap pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah pasti memerlukan kertas sebagai media seperti mencetak soal-soal tes semester, lembar penilaian siswa, lembar administrasi guru, lembar tugas siswa dan kegiatan lainnya yang melibatkan kertas. Sehingga, pada akhirnya tumpukkan kertas ada dimana mana, antara lain di meja sekitar ruang guru, di ruang tata usaha, dan di ruang sarana prasarana. Begitupun juga dengan fakta yang ada di rumah masing-masing siswa yang memiliki sampah kertas menumpuk di rumah yang pada akhirnya bingung akan dibuang kemana. Kebiasaan orang tua membaca majalah dan koran pun menjadi penyumbang tambahan tumpukan sampah kertas.
Maka dari itu, kegiatan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan akan mengajak siswa untuk ikut serta mencari solusi mengatasi sampah kertas dengan mengolah limbah kertas dijadikan sebuah kerajinan bernilai jual. Pada akhirnya, siswa terlibat langsung dalam proses pembuatan kerajinan sehingga mengetahui bagaimana kesulitan yang dihadapi. Berdasarkan latar belakang untuk mengelola limbah kertas yang menumpuk siswa diajak untuk berpikir kritis dan kreatif demi menghasilkan produk kerajinan limbah yang berkualitas dan bernilai jual. Selain itu, siswa juga menjadi lebih termotivasi dan terbiasa dengan kebiasaan disiplin membersihkan sampah sisa pembuatan kerajinan sebelum pembelajaran diakhiri oleh guru. Sehingga, diharapkan karakter terbiasa melakukan kegiatan bersih –bersih setelah mengerjakan akan bisa tertanam, sehingga tidak akan mengganggu kegiatan pembelajaran selanjutnya. Tujuan pembelajaran juga mengedukasi masyarakat untuk peduli sampah dan  kreatif mengolah limbah menjadi produk bernilai jual.
Adapun siswa dibagi kedalam beberapa kelompok terlebih dahulu, sebagai simulasi kegiatan siswa belajar bekerja sama membangun teamwork dalam proses pembuatan produk limbah berkualitas. Setiap kelompok membuat sebuah rencana usaha produk kerajinan limbah koran atau kertas dengan mencantumkan beberapa aspek dan format sebagai berikut :
RENCANA USAHA KERAJINAN LIMBAH KERTAS
Nama kerajinan           :
Jenis Kerajinan            :
Nama Anggota            :
Kelas                           :
A.    Deskripsi Usaha
1.      Media                          :
Alat                             :
Bahan                          :
Teknik                         :
2.      Sketsa                          :
3.      Langkah Pembuatan   :
4.      Perkiraan Biaya Produksi        :
Biaya tenaga kerja                   :
Biaya bahan baku                    :
Biaya Overhead                      :
5.      Harga Jual Produk                  :
6.      Strategi Pemasaran Produk     :
Berikut dokumentasi Tahapan Produksi Quilling Newspaper ;
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2019 dengan dimulai tahapan pembelajaran mengenai perencanaan usaha, produksi usaha, penjualan produk, dan pelaporan. Kegiatan pembelajaran berlangsung sampai akhir semester gasal.



1.1.Proses pemotongan koran menjadi potongan kecil seperti ukuran kertas anyam





























1.2.Proses pembuatan sketsa sebagai media penempelan kertas koran yang sudah dibentuk



Pemilihan bingkai sebagai kemasan hiasan dengan jam dinding bekas dan bingkai dari kayu bekas




 Proses Penempelan koran pada sketsa















Hasil Karya yang sudah mencapai 75 % produksi 





 Beberapa dokumentasi kegiatan siswa sebelum mengakhiri pembelajaran yaitu membersihkan lingkungan kelas yang kotor karena pembuatan kerajinan









Sumber Informasi:
Puspita Dian Kawan GNFI, 2007. Indonesia Banyak Hemat Energi Tahun 2045. Diakses dari internet https://www.goodnewsfromindonesia.id. Pada tanggal 24 Agustus 2019.




Kegiatan pembelajaran masih tetap berlangsung hingga tahapan penjualan produk, pelaporan hasil, dna presentasi hasil. Untuk kegiatan dan hasil karya siswa selanjutnya akan saya unggah di waktu yang akan datang. Mohon menunggu dengan sabar. See you ........



Post a Comment

0 Comments